KEP Mengubah Hidup Saya

Posted on Updated on

Oleh : Chatarina Pantja W./ No. 72/ Kelas ME/ KEP KR Surabaya

Pada awalnya Lectio Divina adalah tugas yang paling berat yang harus saya jalani selama mengikuti Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP). Itulah mengapa saya memaklumi banyak orang yang takut mengikuti KEP karena tugas Lectio Divina yang harus dilakukan setiap hari.

Saya mengalami kesulitan saat  saya belum mengerti inti dari Lectio Divina, dan tidak mengikuti tahap-tahap Lectio Divina dengan benar dan sungguh-sungguh. Saat itu saya hanya mengandalkan kemampuan berpikir saya untuk memahami Sabda Tuhan, dan yang terjadi adalah saya tidak dapat memahaminya. 

Kini saya mengerti bahwa Lectio Divina dapat berhasil hanya jika kita mencintai Tuhan, yakin bahwa yang terpenting dalam hidup ini adalah mendengarkan Sabda Tuhan dan melaksanakannya.

Dan saat melakukan Lectio Divina, kita mohon kehadiran Roh Kudus, dan berdoa : “berbicaralah Tuhan, hamba-Mu ini mendengarkan” (1 Sam 3:10)

Setelah menyelesaikan kelas Misi Evangelisasi (ME) pada Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP), saya merasakan perubahan dalam hidup saya ; saya lebih rajin membaca Kitab Suci dan merenungkannya, lebih berani menyatakan sikap iman kristiani saya, memiliki kesadaran tentang tugas perutusan, mewartakan Injil dan menjadi saksi Kristus.

Lectio Divina yang saya lakukan setiap hari membuat saya semakin mengenal Tuhan, lebih dekat dan dalam, lebih memahami  kehendak dan rencana Tuhan atas hidup saya dan membuat saya bersandar sepenuhnya kepada Allah.

Berikut ini adalah contoh Lectio Divina yang saya tulis untuk tugas KEP Minggu ke-17 Hari ke-7 :

Bacaan : Kis 8 : 4 – 25

Hal yang mengesankan :

Ayat 15 : Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus.

Sabda Tuhan bagi saya

Tuhan mau saya berdoa agar beroleh Roh Kudus.

Tanggapan saya

Saya telah menyadari bahwa saya harus berdoa meminta curahan Roh Kudus agar pikiran saya diterangi Roh Kudus, agar ucapan  dan perbuatan saya dipimpin oleh Roh Kudus, supaya segala yang saya lakukan sesuai dengan kehendak Allah,   beroleh berkat Allah dan  hidup saya boleh menjadi berkat bagi orang lain.

Tindakan nyata

Saya akan berdoa setiap hari meminta curahan Roh Kudus untuk memimpin hidup saya.

Semoga contoh Lectio Divina di atas membuat anda tidak ragu lagi untuk mengikuti Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP), jangan takut, karena Roh Kudus sendiri yang akan menuntun dan membimbing anda dalam Lectio Divina, bahkan dalam seluruh hidup anda.  

Tuhan memberkati.

Tinggalkan Balasan

