Yesus Di Hati Orang Muda

Posted on Updated on

Ibadat Adven 2012

Pertemuan II :

YESUS DI HATI ORANG MUDA

Kata orang muda itu kepada-Nya: “Semuanya telah kuturuti, apalagi yang masih kurang?” (Matius 19:20)

BACAAN KITAB SUCI

Matius 19:16-28

16.  Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: “Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?”

17.  Jawab Yesus: “Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah.”

18.  Kata orang itu kepada-Nya: “Perintah yang mana?” Kata Yesus: “Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta,

19.  hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

20.  Kata orang muda itu kepada-Nya: “Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?”

21.  Kata Yesus kepadanya: “Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang –orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di surga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku.”

22.  Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.

23.  Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar sekali bagi orang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Surga.

24.  Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lubang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah.”

25.  Ketika murid-murid mendengar itu, sangat gemparlah mereka dan berkata: “Jika demikian, siapakah yang dapat diselamatkan?”

26.  Yesus memandang mereka dan berkata: “Bagi manusia hal ini tidak mungkin, tetapi bagi Allah segala sesuatu mungkin.”

27.  Lalu Petrus menjawab dan berkata kepada Yesus: “Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau; jadi apakah yang akan kami peroleh?”

28.  Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.”

PENDALAMAN

  1. Perikop ini berbicara mengenai panggilan. Bahwa sebuah panggilan memerlukan pengorbanan. Selalu ada yang dikorbankan untuk memenuhi panggilan. Apakah anda sedang dipanggil untu melayani? Rela untuk mengorbankan ‘sesuatu’?
  2. Ketika orang muda yang kaya bertanya kepada Yesus perbuatan baik apa yang harus dilakukan agar memperoleh hidup kekal. Dengan sabar Yesus memberi penjelasan. Apa yang akan kita lakukan jika ada orang muda yang membutuhkan nasihat kita?

PENEGUHAN

Kelekatan pada harta duniawi dapat menghalangi perjalanan manusia menuju Tuhan. Orang muda katolik diajak untuk memiliki sikap yang tepat dalam memandang perkara dunia, serta mewujudkan kasih kepada Tuhan dengan berbagi kepada sesama manusia.

(Dikutip dari “Ibadat Adven” (Pertemuan Lingkungan), Paroki Kristus Raja Surabaya, tahun 2012, halaman 21-25)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s