Doa-doa Untuk Adorasi Pribadi

Posted on

ADORASI : Ya Tritunggal yang Mahakudus, aku menyembah-Mu. Allahku, Allahku, aku mencintai Engkau dalam Sakramen Mahakudus.

Allahku, aku percaya, aku bersembah, aku berharap dan mengasihi-Mu. Aku mohon bagi mereka yang tak percaya, tak mau menyembah, tak mau berharap dan tak mengasihi-Mu. Ya Tritunggal yang Mahakudus, Bapa, Putera dan Roh Kudus, aku menyembah-Mu dengan sungguh. Aku mempersembahkan kepada-Mu Tubuh, Darah, Jiwa dan Keilahian Yesus Kristus yang sangat berharga, hadir dalam semua Tabernakel di dunia, sebagai silih atas kekejaman, sakrilegi, ketidak-acuhan yang melukai hati-Nya dan berkat jasa Hati Kudus Yesus yang tak terbatas dan Hati Maria yang tak bernoda, aku sangat memohon pertobatan pendosa-pendosa yang malang.

Oh Sakramen yang Mahakudus, Oh Sakramen Ilahi, segala puji dan syukur setiap saat bagi-Mu.

Datanglah ya Roh Kudus, penuhilah hati umat-Mu dan kobarkanlah di dalam hati mereka api cinta kasih-Mu. Utuslah Roh-Mu maka semuanya akan diciptakan lagi, dan Engkau akan membaharui seluruh muka bumi.

Ya Allah, Engkau yang mengajar hati umat-Mu dengan penerangan Roh Kudus, berilah karena anugerah Roh itu, agar kami menjadi selalu sungguh bijaksana, dan gembira dalam penghiburan-Nya. Karena Yesus Kristus Tuhan kami. Amin.

Bapa, Putera, Roh Kudus, terangilah aku dan dengan rahmat-Mu kuatkanlah aku.

Malaikat Pelindung yang Kudus, adorator dan penyembah yang sempurna kepada Raja yang kekal, yang tersembunyi dalam Ekaristi Kudus, berilah aku kasih dan hormat yang selalu bertumbuh dalam Sakramen Mahakudus. Tolonglah aku untuk memelihara dan menanggapi dengan setia kekayaan rahmat dari Sakramentalia yang kuterima setiap hari. Amin.

Malaikat Agung Mikhael, Gabriel dan Rafael, doakanlah kami.

UCAPAN SYUKUR : Tuhan Yesus, aku menyembah-Mu. Syukur atas kasih-Mu yang mengagumkan yang membuat Engkau tinggal bersama kami di bumi, siang dan malam, dalam Ekaristi Kudus. Syukur kepada-Mu atas anugerah kehidupan. Syukur kepada-Mu atas keluargaku, sahabat-sahabatku dan mereka yang kukasihi, atas rahmat dan berkat yang tak terhitung yang Engkau limpahkan kepadaku dan pada setiap orang di seluruh dunia. Syukur kepada-Mu atas kasih yang lembut dan berbelas kasih sekarang ini.

Allahku, aku mengasihi-Mu karena rahmat yang telah Kau berikan kepadaku.

PERSEMBAHAN : Yesus yang terkasih, aku mempersembahkan diriku kepada-Mu. Aku menyesal, setiap kali aku menyakiti-Mu dan sesama. Aku mau memperbaiki dosa-dosaku di masa lampau dan melakukan kehendak-Mu dalam segala sesuatu, hari ini dan seluruh hari-hari hidupku. Tolonglah aku untuk berdoa, hidup dan bekerja untuk kehormatan dan kemuliaan Allah dan ikut membawa sesama kepada-Mu dalam Ekaristi Kudus. Dengan kasih dan rahmat-Mu aku ingin membantu membawa banyak jiwa ke surga tinggal bersama-Mu dalam seluruh cinta, damai dan kegembiraan selamanya. Amin.

Komuni Rohani : Yesusku, aku percaya bahwa Engkau hadir dalam Sakramen Mahakudus. Aku mengasihi Engkau di atas segala sesuatu, dan aku merindukan-Mu dalam jiwaku. Karena aku tidak dapat menerima Engkau secara sakramental, paling tidak datanglah dalam hatiku secara rohani. Aku memeluk-Mu seakan-akan Engkau telah datang, dan Kau persatukan diriku seluruhnya dengan-Mu. Jangan pernah pisahkan aku dari-Mu.

Hati Ekaristi Yesus, kasihanilah aku dan seluruh dunia.

Anima Christi : Jiwa Kristus, sucikanlah aku. Tubuh Kristus, selamatkanlah aku. Darah Kristus, puaskanlah aku. Air lambung Kristus, cucilah aku. Sengsara Kristus, sembuhkanlah aku. Ya Yesus yang baik, dengarkanlah aku. Dalam luka-luka-Mu, sembunyikanlah aku. Jangan biarkan aku terpisah daripada-Mu. Pada waktu kematianku, panggillah aku, dan mintalah aku datang kepada-Mu. Supaya bersama orang kudus-Mu aku dapat memuji-Mu selamanya. Amin. (St. Ignatius dari Loyola)

PERMOHONAN-PERMOHONAN:  Tuhan Yesus, tolonglah keluargaku, sahabat-sahabatku dan mereka yang kukasihi, dengan segala kebutuhan-kebutuhan dan permohonan-permohonan kami yang selaras dengan kehendak Allah. Yesus yang terkasih, tolonglah mereka yang sakit, menderita, yang sekarat (terutama mereka yang akan meninggal hari ini) dan mereka yang telah meninggal. Ingatlah akan mereka yang sungguh membutuhkan kasih dan belas kasih Allah hari ini dan saat ini. Tuhan Alllahku, tolonglah Bapa Suci kami untuk mempimpin Gereja kami dalam kepenuhan kebenaran iman kami. Utuslah Roh Kudus-Mu pada para imam dan religius dari Bunda Gereja yang Kudus. Aku berdoa agar mereka menjadi suci dan sungguh murid-murid iman yang telah Engkau sampaikan kepada kami, agar Gereja kami tetap tinggal satu, Kudus, Katolik dan Aposlitik. St Katarina dari Siena, doakanlah agar Wakil Kristus boleh selalu melawan roh duniawi.

Bunda Maria yang Kudus, Bunda Gereja, doakanlah kami.

St. Josef, Pelindung Gereja Universal, doakanlah kami.

St. Theresia dari Lisieux, Pelindung Misionaris-misionaris, doakanlah kami.

Doa damai St. Fransiskus:  Tuhan, jadikanlah aku alat pembawa damai-Mu. Di mana ada kebencian, jadikanlah aku alat pembawa cinta kasih; di mana ada luka hati, pengampunan; di mana ada keraguan, iman; di mana ada keputus-asaan, harapan, dimana ada gelap, terang; dan di mana ada kesedihan, kegembiraan. Ya Guru Ilahi, berilah agar aku lebih menghibur daripada minta dihibur; mengerti  daripada dimengerti, mengasihi daripada dikasihi; karena hanya dengan memberi aku menerima; hanya dengan mengampuni aku diampuni; dan di dalam kematian aku lahir untuk hidup yang kekal.

Bunda Maria, Ratu Damai, doakanlah kami.

St. Fransiskus dari Assisi, Utusan Perdamaian, doakanlah kami.

St. Clara dari Assisi, penyembah Yesus “Pangeran Perdamaian”,  doakanlah kami.

Doa Untuk Kehidupan : Tuhan Yesus Kristus, Putera Allah yang hidup dan Putera Bunda Maria, kami memuji dan bersyukur kepada-Mu atas anugerah hidup yang berharga, hidup ilahi dan hidup manusiawi. Kami bertekad untuk menyembah dan mewartakan Kehadiran-Mu secara Pribadi dalam Ekaristi Mahakudus, karena dalam Engkau sendiri ada kemenangan atas hidup. Kami mengabdikan diri kami untuk membela dan melindungi seluruh hidup manusia; bayi-bayi yang tak dilahirkan, mereka yang sakit, lanjut usia, miskin, dan semua korban kekerasan. Kami mohon kasih dan kerahiman-Mu untuk seluruh dunia, karena Engkau adalah sumber sejati seluruh damai dan harapan.

Karena kuasa Pemberi Kehidupan yang ada dalam Tubuh dan Darah-Mu yang Mulia, kuatkanlah dan bimbinglah kami untuk mewartakan, melindungi, dan membela martabat dan kesucian hidup. Ubahlah kami oleh kehadiran-Mu yang berbelas kasih dalam Sakramen Mahakudus, sehingga kami menjadi satu dengan-Mu, dan Bapa dan Roh Kudus sekarang dan selamanya. Amin.

(Disalin dari  “Bagaimana Membuat Satu jam Suci : Usulan dan Doa-doa Untuk Membuat Suatu Adorasi Pribadi Satu Jam”, Pusat Spiritualitas Keuskupan Surabaya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s