Santa Katharina Dari Siena

Posted on Updated on

Katharina lahir di Siena Italia pada tanggal 25 Maret  1347, anak bungsu dari keluarga tukang cat beragama Kristen yang saleh. Sejak berumur 6 tahun ia sudah mengalami pengalaman mistik. Ia menolak kehendak orang tuanya untuk menikah. Ia menggunakan waktunya untuk berdoa dan berpuasa. Setelah cukup umur ia masuk biara Dominikan, sebagai anggota awam. Ia belajar sendiri membaca dan menulis. Ia banyak membaca buku-buku rohani, terutama teologi mistik. Mulai usia 16 tahun ia mendapat penampakan dari Yesus, Maria dan Para Kudus.

Ia membaktikan dirinya untuk merawat orang-orang sakit, lebih-lebih ketika wabah pes berjangkit di kota itu. Ia berhasil mempertobatkan banyak pendosa dan nasehatnya banyak didengarkan oleh pembesar gereja maupun pemerintahan. Kharisma illahinya menarik banyak orang, tetapi banyak juga yang mendakwa ia sebagai penipu. Mereka menuntut supaya ia diajukan ke pengadilan, namun akhirnya ia dinyatakan tidak bersalah. Pada waktu itu Bapa Raymond ditunjuk sebagai bapa pengakuannya, tetapi tidak lama kemudian malah menjadi muridnya, dan menulis riwayat hidupnya, sehingga nama Katharina semakin dikenal. Katharina melayani para hukuman, menjadi pembimbing rohani dan pendamai.  Salah satu mukjizatnya adalah mengalami stigmata, yaitu mengalami luka-luka seperti  Yesus. Ia membukukan pengalaman mistiknya dalam buku “Dialog Santa Katharina”.

Pada akhir hidupnya ia menderita sakit lumpuh dan akhirnya wafat pada tanggal 29 April 1380. Ia merupakan mistikus terbesar dalam gereja. 400 suratnya kepada segala lapisan masih tersebar luas. Ia dijadikan santa pelindung Italia pada tahun 1939 dan dinyatakan sebagai doktor gereja pada tahun 1970.

(Disari dari buku  “Riwayat dan Pesan Santo Santa”  oleh D. Suwadji, CM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s