Melayani Dengan Kasih

Posted on Updated on

Bulan Kitab Suci Nasional 2011

Mendengarkan Tuhan Bercerita

Pertemuan III

Melayani  Dengan  Kasih

Tujuan : peserta mampu menemukan pesan kasih sejati Yesus dan bentuk-bentuk pelayanan konkret yang bisa dilakukan saat ini sebagai wujud nyata pelayanan kasih sejati.

Mendengarkan Sabda Tuhan

Lukas 10:25-37 “Orang Samaria yang murah hati”

25  Pada suatu kali berdirilah seorang ahli Taurat untuk mencobai Yesus , katanya : “Guru, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?”

26  Jawab Yesus kepadanya : “Apa yang tertulis dalam hukum Taurat? Apa yang kau baca di sana?”

27  Jawab orang itu : “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

28  Kata Yesus kepadanya : “ Jawabmu itu benar; perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup.”

29  Tetapi untuk membenarkan dirinya orang itu berkata kepada Yesus : “Dan siapakah sesamaku manusia?”

30  Jawab Yesus : “Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho ; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati.

31  Kebetulan ada seorang imam turun melalui jalan itu : ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan.

32  Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu ; ketika  ia melihat orang itu,  ia melewatinya dari seberang jalan.

33  Lalu datang seorang Samaria, yang sedang  dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan.

34  Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia  menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai  tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.

35  Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya; Rawatlah dia dan jika kau belanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya  waktu aku kembali.

36  Siapakah di antara ketiga orang ini , menurut  pendapatmu, adalah sesama  manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?”

37  Jawab orang itu : “Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya.”   Kata Yesus kepadanya:   ”Pergilah, dan perbuatlah demikian!”

Penjelasan Teks

Ayat 25-29 :  Dialog antara seorang ahli Taurat dengan  Yesus tentang apa yang harus diperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal.  Mereka hanya ingin mencobai Yesus.

Ayat 30-35 :  perumpamaan “Orang Samaria yang murah hati”

Penjelasan Yesus tentang  ‘sesama’ = semua orang adalah sesama, sama  seperti cara pandang orang Samaria yang murah hati itu.

Ayat 36 :  Yesus mengajukan pertanyaan balik.

Ayat 37 :  Jawaban ahli Taurat yang ditunggu oleh Yesus.

Peneguhan

Tindakan orang Samaria adalah teladan pelayanan kasih sejati.

Totalitas pelayanan adalah komitmen sikap kasih sejati  demi  kemanusiaan.

Keunggulan orang Samaria : kasih kepada sesama  yang menderita.

Cinta kasih itu merupakan hukum yang tertinggi.

Cinta kasih yang sejati  lahir dari iman, artinya dari kesadaran bahwa kita dipanggil oleh Tuhan untuk mengasihi  sesama, sebagaimana Tuhan telah lebih dahulu mengasihi kita.

Maka saatnya kita tidak bertanya lagi “siapakah sesamaku manusia?” melainkan “bagaimana  aku dapat menjadi sesama?”. Tindakan apa yang bisa aku lakukan untuk menjadi pelayan sejati bagi sesama?

Meneladan orang Samaria itu berarti kita perlu menolong sesama  yang membutuhkan pertolongan tanpa pandang bulu dan tanpa pamrih.

Kesediaan menolong  sesama  biasanya disertai juga dengan kesediaan untuk mengorbankan perhatian, waktu, tenaga dan materi.

Upaya menjadi sesama  bagi semua orang tidak selalu mudah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s